Rabu, 11 Mei 2016

Mengenal Jenis Alat Berat di Pertambangan Bawah Tanah

Indonesia adalah negara yang menyimpan banyak sumber daya alam di bawah permukaan buminya. Karena hal itu, tidak sedikit pula perusahaan pertambangan yang ada Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan bidang alat berat pun banyak dan berkembang di Indonesia.

Berbicara tentang pertambangan, ada salah satu jenis situs pertambangan yaitu pertambangan terbuka atau open surface mining. Jenis pertambangan yang satu ini merupakan pertambangan yang paling banyak digunakan, tidak hanya pertambangan terbuka, ada satu jenis pertambangan lain yang juga sering dipergunakan, yaitu pertambangan bawah tanah atau disebut dengan underground mining.

Pada pertambangan bawah tanah, pada umumnya memakai alat berat pertambangan  berukuran lebih kecil ketimbang ukuran peralatan berat yang digunakan pada pertambangan terbuka. Hal tersebut disebabkan karena ukuran situsnya yang terbatas, tidak seperti pertambangan terbuka yang tak dibatasi oleh dinding-dinding. Lalu peralatan berat apa saja yang digunakan oleh pertambangan bawah tanah. Berikut ulasannya.


Continuous Miner
Jenis alat berat ini mempunyai fungsi untuk mengikir batu bara dari dinding bawah tanah. Continuous Miner dilengkapi dengan drum besi berukuran besar dan bergerigi yang berputar ketika dioperasikan. Continuous Miner dapat menambang sekitar 5 ton batu para setiap menitnya. Jauh lebih besar dari pada hasil produksi yang dilakukan secara manual oleh para pekerja tambang yang mana mesti melakukan penambangan selama seharian guna memperoleh hasil tambang sebanyak 5 ton.

Scissor Lift
Di dalam pertambangan, scissor lift ini dipakai oleh pekerja untuk mencapai area tempat kerja yang tinggi. Menggunakan Scissor Lift jauh lebih aman ketimbang menggunakan tangga biasa.
Bagi Anda yang ingin membeli Scissor Lift, sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual Scissor Lift sangat lengkap dan berkualitas terbaik dengan beragam pilihan jenis dan merek ternama.

Scaler
Scaler adalah sebuah alat yang digunakan untuk scaling, yaitu merontokkan material yang akan dilepas dari dinding ruangan tambang bawah tanah. Hal ini bertujuan supaya tidak terdapat material yang secara tiba-tiba terjatuh dari atas ketika pengerjaan tambang sedang berjalan.

Personnel Carrier
Personnel carrier adalah sebuah kendaraan yang dipakai untuk mengangkut pekerja dan juga peralatan dari permukaan tambang menuju lokasi pertambangan bawah tanah.

Underground Truck
Underground Truck mempunyai fungsi serta mekanisme kerja yang sama dengan kendaraan yang digunakan pada tambang terbuka yaitu haul truck. Fungsi untuk mengangkut mineral hasil tambang, bedanya dengan haul truck dari ukurannya. Ukuran underground truck lebih kecil, sebab kondisi tambang bawah tanah mempunyai ruang gerak yang tidak luas.

Shotcreter
Shotcreter adalah sebuah alat penyemprot semen atau mortar yang dipakai untuk membuat dinding-dinding di area tambang. Pada pengoperasiannya, alat ini tidak hanya menyemprotkan saja, namun juga sekaligus memadatkan dinding. Semen yang disemprotkan dapat ditempatkan pada bermacam jenis permukaan dan sudut.(*)

Sumber: di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar